PFA Nilai Penghentian Kompetisi Bukan Hal Adil untuk Liverpool dan Tim Lain

PFA Nilai Penghentian Kompetisi Bukan Hal Adil untuk Liverpool dan Tim Lain

Bolabawah.com-Penghentian Liga Inggris untuk saat ini disebut Asosiasi Pemain Profesional Inggris (PFA) bukan sesuatu yang adil, karena banyak klub sudah berjuang maksimal sampai saat ini. Menurut PFA, kompetisi harus tetap dilanjutkan setelah dinyatakan bebas sepenuhnya dari virus korona. Sebab, tidak adil untuk Liverpool dan tim-tim lainnya jika musim harus dibatalkan.

Hingga detik ini, tak cuma operator Premier League saja, semua liga masih mencoba menemukan formula terbaik mengenai kelanjutan liga. Buat Inggris, penghentian liga sebenarnya tidak terjadi pertama kali ini saja.

Pada periode Perang Dunia II, Premier League juga akhirnya menghentikan total roda kompetisi. Ini membuktikan bahwa kejadian yang mengganggu jalannya liga bukan hal baru buat Premier League.

“Saya rasa itu tidak adil (penghentian kompetisi), bukan cuma soal Liverpool. Tapi semua klub yang lagi tampil bagus, mereka tentu akan berpikir, ‘Oh oke, Anda tidak akan tahu apakah Anda bisa menjadi juara atau tidak’,” ujar Chief Executive, Gordon Taylor, kepada Sky Sports.

Sebagai imbas dari pandemi virus korona, Premier League sudah memberhentikan kompetisi sampai 3 April mendatang. Meski begitu, selepas April nanti, liga belum tentu berlanjut karena penyebaran virus korona belum bisa ditanggulangi saat ini, khususnya di Inggris yang terkonfirmasi ada 1.391 kasus dan menelan 35 korban jiwa.

Wacana menghentikan kompetisi musim ini pun bermunculan meski masih menyisakan sembilan pekan lagi. Opsinya antara memberikan gelar juara untuk Liverpool atau membatalkan hasil sedari awal musim. Hal ini menimbulkan pro dan kontra karena The Reds cuma butuh dua kemenangan dari gelar juara. Sementara, tiga tim terbawah saat ini lagi berjuang keras menghindari degradasi.

Belum lagi menghitung tim-tim lain yang tengah mengincar lolos ke Liga Champions dan Liga Europa saat ini. Untuk saat ini 20 klub Premier League disebut belum satu suara terkait kelanjutan kompetisi setelah dua pekan dihentikan.

Lagi-lagi, solusi ini tentu masih banyak celah kontroversinya. Sebab, Manchester City belum tentu menyerah mengejar poin yang sudah sangat jauh dari Liverpool, dan tim di luar zona Eropa juga masih sangat berpeluang.

Hal yang sama berlaku juga di papan bawah. Setidaknya, ada 10 tim yang masih bisa tergelincir ke zona degradasi.

“Itu tidak menghargai namanya dan saya rasa klub-klub yang sudah tampil oke dan berada di puncak, itu karena mereka pantas ada di sana. Dan klub-klub yang berada di papan bawah pantas diberi kesempatan untuk bertahan, karena mereka tahu sepakbola itu selalu seperti dan seperti itulah kompetisi dimulai. Jadi, saya rasa kami harus melakukan semua yang kami bisa. Saya pikir sangat aneh jika memulai musim baru. Masih ada kompetisi yang belum kelar dan itu tidak bagus,” tutupnya.

Related News